My Song

Thursday, September 18, 2014

FILSAFAT 15-september-2014 (I)

Hari ini adalah awal dari blok 2 di semester 1. Di blok ini saya akan mempelajari filsafat dan pembagian-pembagiannya. Awal pertemuan dimulai dengan perkenalan “apakah filsafat itu?” dan juga “kelahiran filsafat”. Kesan awal ketika membahas tentang filsafat adalah rumit dan sulit namun para tim dosen pun berkata bahwa mulai cintailah pelajaran ini maka kamipun dapat senang mempelajari ini tanpa merasa dibebani.
Awal mula yaitu penjelasan apakah filsafat itu, Filsafat berasal dari bahasa yunani yaitu “philosophia” dari (philos) artinya kekasih/sahabat, dan (sophia) artinya kebijaksanaan/kearifan/ pengetahuan. Jadi secara harafiah philosophia berarti mencintai kebijaksanaan/sahabat pengetahuan. Aada beberapa tokoh yang mendefinisikan filsafat seperti filsuf Pra-Sokratik, Plato, Aristoteles, Rene descartes, dan william james.
Terdapat 4 hal yang melahirkan filsafat yaitu:
1. kekaguman/ keheranan (thaumasia) : Aristoteles (Metafisika): Karena kekaguman manusia mulai berfilsafat. Kekaguman punya dua hal penting yaitu  ada yang kagum dan sesuatu yang mengagumkan.
2.ketidakpuasan: Sebelum filsafat lahir, mitos berperanan besar. namun lama kelamaan kterangan mitos tidak memuaskan manusia. hingga manusia meninggalkan mitos, dan lahirlah filsafat yang mencakup seluruh ilmu pengetahuan.
3. hasrat bertanya: Pertanyaan membuat manusia melakukan pengamatan. Dan pertanyaan mengarah pada dasar dan hakikatnya, yang menjadi ciri khas filsafat
4. Keraguan (aporia) : Manusia bertanya karena masih meragukan kebenaran dari apa yang diketahuinya. sehingga keraguan merangsang manusia untuk selalu bertanya, yang akhirnya membawa manusia berfilsafat.
Sifat dasar filsafat yaitu: Berpikir radikal, Mencariasas, Memburu kebenaran, Berpikir rasional, Mencarikejelasan.
Filsafat mempunyai peranan sebagai pendobrak, pembebas, dan pembimbing.
Tiga faktor mempersiapkan lahirnya filsafat:
1.Keberadaan mitologi
2.Kesusastraan Yunani berupa amsal
3.Pengaruh ilmu pengetahuan dari Timur Kuno
Filsafat lahir saat logos mengalahkan mythos. ‘filsafat’ merupakan pandangan rasional ttg segala-galanya.
kurang lebih itu semua adalah garis besar yang saya pelajari pada hari ini. 
sekian dan terimakasih.

sumber: ppt materi filsafat

2 comments: